Tips dan Pesan Sebelum Anda Menggunakan Kereta Api

Tips dan Pesan Sebelum Anda Menggunakan Kereta Api
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjX5AZ9QMEM6HqwucodLWFgPwNJ7dnnmwjpACjX3enVTHDgIkOO8XKKS24DX8ds88Qj13NsX9HiWdToTff_ygOsDRWgf2mihOkF3ac1Zix0V-WiEsNhK3tBCkqj_F1msY7-UQbvZIwHNG4g/s72-c/arief.jpg
Kantor Pusat,- KPKa | Komunitas Pengguna Kereta Api | Laporan : Arief Rahmat Pamungkas | Direktur Utama KPKa | INA : 0007
Arief Rahmat P, Founder KPKa
KPKa menyajikan tips dan pesan untuk Anda yang akan menggunakan kereta api. Tips dan pesan ini merupakan rangkuman dan pelajaran berharga dari berbagai peristiwa dan kejadian di masa lalu. Semoga hal tersebut tidak terulang dan terjadi pada diri Anda.
1. Tips
Sebelum Anda memutuskan menempuh perjalanan menggunakan kereta api sebagai penunjang aktifitas dan keperluan Anda, perhatikan hal - hal berikut ini :
1. 1. Waktu Keberangkatan
Waktu tentu penting untuk Anda. Pastikan waktu keberangkatan Anda telah fix dan tidak berubah. Jika waktu keberangkatan Anda belum pasti, sebaiknya reschedule (jadwal ulang) perjalanan Anda. Agar perjalanan Anda lancar dan terencana. Sehingga, kemungkinan terburuk dapat dihindari (minimalisir).
1. 2. Tempat Tujuan
Pastikan tempat tujuan Anda. Agar, Anda lebih dekat ketika turun dari Stasiun dimana Anda memilih mengakhiri perjalanan Anda menggunakan kereta api. Sebagai contoh, ketika Anda hendak bepergian ke kawasan Bandung Super Mall (BSM) di Kota Bandung, maka Anda dapat melabuhkan tujuan Anda untuk mengakhiri perjalanan Anda menggunakan kereta api di Stasiun Kiaracondong, dan atau Stasiun Bandung sebagai alternatif jika Anda lupa atau melewatkan untuk turun di Stasiun Kiaracondong.
1. 3. Anggota Keluarga/Kerabat/Relasi yang ikut serta bersama Anda
Pastikan, berapa jumlah anggota keluarga/kerabat/relasi yang akan ikut serta bersama Anda bepergian menggunakan kereta api. Hal tersebut dimaksudkan agar Anda tidak harus bolak - balik melakukan reservasi tiket kereta api. Terlebih, saat ini penjualan tiket kereta api begitu cepat mengalami perubahan (dinamis). Sebagai contoh, Anda bersama 2 orang rekan akan bepergian ke Kroya, Jawa Tengah dengan menggunakan Kereta Api Serayu III dari Stasiun Kiaracondong, Bandung. Pukul 11.00 WIB tiket kereta api kelas ekonomi Serayu III di Stasiun Kiaracondong ketika kita melakukan reservasi masih tersedia. Tiba - tiba, setelah Anda dan 2 orang rekan mendapatkan tiket kereta api tersebut, Anda mendapatkan notifikasi bahwa anak dan istri Anda ingin ikut serta bersama Anda dan 2 orang rekan bepergian ke Kroya, Jawa Tengah dengan Anda, di hari dan jam yang sama. Ternyata, tiket kereta api tersebut sudah tidak dapat dilakukan reservasi, kecuali reservasi untuk hari - hari kedepan. Hal tersebut karena, reservasi online, antrean orang - orang di belakang Anda dan terbatasnya kapasitas tempat duduk kereta api itu sendiri yang hanya 100%.
1. 4. Kesehatan
Pastikan kondisi kesehatan lahir batin Anda bugar dan sehat. Periksakan terlebih dahulu kondisi fisik dan kebugaran Anda, baik memanfaatkan jasa Puskesmas, Dokter, dan Pusat Kesehatan Stasiun (Puskes-Stasiun) di Stasiun Kereta Api dimana Anda hendak berangkat, GRATIS! untuk pengguna kereta api yang memiliki tiket. Jika Anda merasa kondisi fisik dan pikiran Anda kurang bugar dan fit, sebaiknya Anda membawa perbekalan obat - obatan yang sedianya dapat membantu meringankan berbagai gejala di tubuh Anda. Untuk beberapa gejala tertentu, sebaiknya Anda membawa perbekalan obat - obatan yang direkomendasikan oleh dokter. Hal tersebut dimaksudkan untuk menghindari semakin memburuknya kondisi fisik dan tubuh Anda selama Anda menempuh perjalanan menggunakan kereta api. Hindarilah makan makanan dan minum minuman yang kurang begitu penting untuk dikonsumsi. Sebaiknya, makanlah makanan dan minumlah minuman yang mengandung karbohidrat tinggi dan oksigen, untuk memberikan penyegaran pada tubuh Anda. Pergunakanlah Toilet Gratis di area dalam stasiun kereta agar kualitas air bersih dan kenyamanan Anda dalam privasi dan keamanan barang bawaan Anda terjamin.
1. 5. Finansial
Sesuaikan perjalanan Anda, dengan kondisi keuangan Anda. Jangan sampai, kemampuan Anda untuk menggunakan kereta api terlalu dipaksakan. Terdapat beberapa varian untuk perjalanan Anda dengan menggunakan kereta api, mulai dari Kereta Api Kelas Ekonomi, Ekonomi Ac*, Ekonomi Plus*, Bisnis, dan Eksekutif, dan 
1. 6. Kenyamanan dan Keamanan
Untuk kenyamanan dan keamanan Anda selama diperjalanan menggunakan kereta api, alangkah baiknya Anda dapat membawa berbagai kebutuhan Anda sendiri dari rumah. Seperti bantal, selimut, pewangi ruangan, lap kain, dan makanan minuman. Kerepotan? Jangan khawatir, manfaatkan jasa Porter untuk membantu Anda membawakannya ke dalam dan keluar kereta api. Tarifnya? Mulai Rp. 20.000 sampai dengan Rp. 50.000! Selain lebih higienis, Anda dapat menghemat "cost" perjalanan Anda dan menjaga keamanan diri dan keluarga saat menggunakan kereta api. Selain itu, jauhkan barang berharga Anda seperti Handphone, Camera Digital, Handycam, Laptop, Dompet, Uang, Identitas diri, dan dokumen berharga lainnya dari tempat - tempat yang mencolok dan ramai oleh lalu lalang pengguna kereta api lainnya, seperti di Boarding Pass Area (tempat tunggu penumpang), Peron, Toilet, Mushala, Kantin, dan Bordes Kereta Api. Hal penting lainnya adalah bertanyalah seputar kebutuhan Anda dan informasi detail perjalanan kereta api kepada orang - orang yang berkompetensi memberikan keterangan, seperti petugas keamanan (Polisi Khusus Kereta Api - Polsuska, Read.), Satuan Pengamanan (Satpam), Pemimpin Perjalanan Kereta Api (PPKa), Kondektur Pemeriksa (KP, Read.), dan Teknisi Kereta Api/Pelayan Kereta Api (TKa/PLKa).

2. Pesan
Komunitas Pengguna Kereta Api (KPKa) Indonesia berpesan :
  1. Perhatikan dan patuhilah aba - aba, himbauan, peringatan, dan anjuran yang disampaikan oleh Petugas PT. Kereta Api Indonesia (Persero), demi keselamatan dan kelancaran perjalanan Anda dan pengguna kereta api lainnya dalam menggunakan moda transportasi kereta api,
  2. Bersikap bijak dan dewasa ketika Anda menemukan hambatan dan perselisihan, terutama ketika Anda berada di dalam perjalanan. Selesaikan permasalahan tersebut sampai tuntas dengan di fasilitasi petugas yang berkompetensi untuk mendamaikan. Jagalah selalu kebersihan dan ketertiban dimanapun Anda berada, terutama di area PT. Kereta Api Indonesia (Persero).
  3. Waspadalah terhadap berbagai modus operandi penipuan, pembiusan dan penggelapan, seperti meminjam handphone, kehabisan ongkos, kecopetan, pemberian orang yang baru dikenal, ajakan yang tidak jelas, dan gerak - gerik lain yang mencurigakan.
  4. Sebelum Anda masuk ke dalam area peron dan kereta api, periksa kembali barang bawaan Anda. Jangan sampai barang - barang bawaan Anda berpindah tangan, hilang, dan tertinggal di Stasiun Kereta Api. Segala kehilangan dan kerugian material yang timbul akibat kelalaian Anda, merupakan tanggung jawab Anda. PT. Kereta Api Indonesia (Persero) lepas dari semua tuntutan dan klaim ganti rugi. Begitupun sebaliknya, perhatikan himbauan tersebut ketika Anda hendak turun dari kereta api setelah Anda menempuh perjalanan jauh dan melelahkan. Jagalah selalu buah hati Anda dan anggota keluarga lainnya, jangan sampai luput dari pengawasan Anda. Kelengahan sedikit saja, dapat berakibat patal dan berujung terhadap kehilangan nyawa atau barang berharga lainnya.
  5. Wujudkan pengguna kereta api yang tertib, cerdas, kritis, dan santun. Terima kasih atas kepercayaan Anda menggunakan jasa angkutan umum kereta api. Semoga selamat di perjalanan, selamat sampai tempat tujuan. Semoga dapat kembali berjumpa di lain waktu dan kesempatan.

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KPK | Komunitas Pengguna Kereta Api Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger