Informasi Nomor Urut Gerbong Kereta Membingungkan

Informasi Nomor Urut Gerbong Kereta Membingungkan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEibNjzYDQ9OeppHAnI_fUrWJSGuM4pb_dMdbdm1o_4HAhSrAYujxLorxA-gkhlqXjmWQuHRPwbkRlff6Jew5VDE5cdoDsV8pqfYG0a5U5yp20aP8xgPf-wx27TpukRnnlj3eObFv_Sg-tbX/s72-c/IMG_0301.JPG
Gerbong 3 kah, atau gerbong 4?
" De maaf numpang tanya ya, ini gerbong berapa? " tanya sang Ibu yang terlihat kesulitan mencari gerbong yang sesuai dengan tiket kereta api yang dimilikinya. Pertanyaan tersebut tentu bukan kali pertama redaksi KPKa Indonesia dengar dari pengguna kereta api. Pertanyaan tersebut hampir terjadi setiap hari, baik pengguna yang akan menggunakan kereta api kelas ekonomi (K3), kelas bisnis (K2), bahkan kelas eksekutif (K1).  Hal tersebut merupakan salah satu dari sekian banyak problem yang dihadapi oleh pengguna kereta api. Tentu, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) terus berupaya secara optimal melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas perkeretaapian di Indonesia. Hal tersebut tentunya sudah dapat dirasakan perubahannya dari peningkatan pelayanan kepada pengguna kereta api, terutama pelayanan kereta api kelas bisnis (K2) dan kereta api kelas eksekutif (K1) dengan berbagai fasilitas dan kemudahan yang cukup membantu dan memanjakan pengguna kereta api.
Tetapi, sebagaimana kita ketahui, kereta api kelas ekonomi (K3) yang selalu "di anak tirikan" masih banyak sekali sarana dan prasarananya yang perlu segera diperbaiki. Salah satunya display penomoran nomor urut gerbong kereta api. Seperti tampak pada gambar disamping, tertera angka "3" dan "4". Tentu, untuk sebagian besar pengguna kereta api, terutama untuk mereka yang baru saja pertama kali menggunakan kereta api, atau pengguna kereta api yang cukup awam dengan berbagai penyesuaian dan kebijakan baru dari PT. Kereta Api Indonesia (Persero) akan kebingungan dan terpaksa berputar - putar di dalam gerbong mencari gerbong yang sesungguhnya. Hal tersebut karena terbatasnya petugas kereta api yang melayani pengguna kereta api. Beruntung, kesulitan pengguna kereta api sedikit terbantu dengan keberadaan pedagang asongan yang dengan sabar dan telaten membantu pengguna kereta api menempati gerbong dan tempat duduk sesuai dengan yang tertera di dalam tiket kereta yang dimiliki.

Catatan : Perlu pengguna kereta api ketahui, bahwa angka 1, 2, dan 3 yang banyak terdapat di bagian luar toilet kereta api adalah penunjukan kelas kereta api yang bersangkutan, yaitu 1 untuk Kereta Api Kelas Eksekutif yang tertera dalam tiket kereta api dengan K1, 2 untuk Kereta Api Kelas Bisnis yang tertera dalam tiket kereta api dengan K2, dan 3 untuk Kereta Api Kelas Ekonomi yang tertera dalam tiket kereta api dengan K3. Susunan rangkaian gerbong kereta api sendiri, dihitung berdasarkan urutan rangkaian gerbong dari gerbong kereta api paling depan. Kecuali jika terdapat gerbong kereta makan (KMP) di urutan paling depan rangkaian gerbong kereta, maka awal rangkaian kereta api (gerbong 1) berada setelahnya. Karena, gerbong kereta makan (KMP) tidak dihitung sebagai gerbong kereta api untuk penumpang. Semoga informasi ini dapat sedikit membantu pengguna kereta api agar tidak kebingungan dan kesulitan dalam mencari gerbong dan tempat duduk yang sesuai dengan yang tertera di dalam tiket kereta yang dimiliki. (* | 17.176.5 - 0007)

Related product you might see:

Share this product :

+ komentar + 3 komentar

Jumat, 31 Agustus, 2012

Terima kasih KPKa Indonesia, website yang bagus dan bermanfaat. Semoga terus berkembang menjadi lebih baik, lebih dari sekedar komunitas. :-)

Jumat, 31 Agustus, 2012

KPKa Indonesia benar - benar kritis tapi santun dalam menyampaikan kritikannya. Selain itu, situs yang disajikan sangat menarik dan aktual. Terima kasih KPKa Indonesia...

Senin, 24 April, 2017

Informasi CuKuP membantu dengan adanya website ini,terutama untuk yang baru pertama kali menggunakan jasa kereta atau yang sudah lama tidak mengunakan jasa kereta,Terimakasih KPKa InDoNeSia.

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KPK | Komunitas Pengguna Kereta Api Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger